Rabu, 30 Oktober 2013

Langkah-Langkah Peduli Lingkungan Sekitar

Menjaga Lingkunga pasti adalah kewajiban setiap individu di muka bumi ini, hanya saja banyak orang menyepelekan dan tidak peduli akan lingkungan sekitar. Padahal menyelamatkan lingkungan sangatlah penting, daripada hanya merusaknya saja. Berikut cara-cara untuk menyelamatkan lingkungan sekitar :


Hemat Listrik
Penggunaan listrik sangat banyak membuang energi jika tidak dipakai. Coba kita matikan listrik terutama lampu pada pagi hari dan hemat penggunaan listrik saat malam hari karena pada pukul 5 sore sampai 10 malam merupakan pemakaian listrik paling tinggi.

2. Hemat Air
Penggunaan air yang secukupnya dapat membantu menyelamatkan lingkungan.

3.Buanglah Sampah pada Tempatnya
Kata-kata ini lah yang sering diajarkan oleh orang tua kita semasa kita kecil bagaimana membudayakan buang sampah pada tempatnya. Mungkin ini hal paling sepele, tapi sangat berpengaruh pada lingkungan. Dampak yang sering dari pembuangan sampah yang sembarangan adalah banjir. Banjir sering terjadi di Indonesia yang penyebab dasarnya adalah sampah yang dibuang sembarangan seperti di sungai.

4. Kurangi Pemakaian Plastik
Sampah plastik merupakan sampah yang susah di daur ulang dan membutuhkan waktu lama untuk terurai. Biasakan mengurangi pemakaian plastik dengan membawa sendiri kantong belanja dengan bahan selain plastik. Dan jika harus terpaksa menggunakan plastik, gunakan plastik yang berbahan mudah terurai nantinya.

5. Hemat penggunaan kertas
Gunakanlah kedua sisi kertas untuk menghemat kertas. Angka penggunaan kertas di Indonesia sangat besar terutama pada perkantoran dan pendidikan diaman kertas sangat banyak digunakan. Walaupun kertas dapat di daur ulang tapi berapa juta pohon yang tumbang akibat pembuatan kertas. Hal ini juga dapat merusak lingkungan. Untuk itu gunakanlah digital book atau ebook untuk mengganti penggunaan kertas.

6. Pisahkan sampah organik dengan anorganik
Pisahkan sampah organik dan anorganik sehingga memudahkan pendauran ulang sampah tersebut.

7. Pilihlah penggunaan barang yang hemat energi dan ramah lingkungan
Pemilihan barang yang kita pakai sehari-hari haruslah yang hemat energi dan ramah lingkungan. Seperti kendaraan ramah lingkungan, lampu hemat energi dan lain-lain. Hal ini juga dapat menghemat keuangan kita.

8. Menanam tanaman
Untuk menjaga lingkungan tanamlah minimal satu pohon. Jika satu orang menanam satu pohon berapa pohon yang di tanam jika penduduk di Indonesia lebih dari 500juta jiwa.

itulah beberapa cara, agar lingkungan sekitar kita dapat terus terjaga dan tidak rusak, semoga dengan adanya informasi mengenai ini, manusia akan sadar bahwa menyelamatkan lingkungan sangatlah penting

CARA MENJAGA LINGKUNGAN SEKOLAH
 
  1. Menyusun dan memasyarakatkan perogram sekolah hijau.
  2. Mendaftar atau menginvestasikan dan melaksanakan perogram sekolah hijau, yaiut;
  • Membangun kegiatan apotek hidup di sekolah.
  • Menurangi atau menghemat penggunaan lampu pendingin ruang kelas, konsumsi air dan energi lainnya.
  • Membangun mekanisme pembuangan sampah di sekolah.
  • Membiasakan untuk kegiatan hemat atau bahkan mendaur ulang semua kertas, plastik dan sejenisnya
  • Menyediakan tempat sampah berdasarkan jenis sampahnya.
  • mengkondisikan kegiatan ekstra kulikuler berbasis lingkungan, seperti kelompok hijau, pecinta alam dan sejenisnya.
  • Melakukan diskusi atau studi kasus tentang pemeliharaan lingkungan sekolah dan sejenisnya. COntoh mennton film bertemakan lingkungan, kemudian mendiskusikan atau membahasnya bersama-sama
  • Mengadakan karya wisata atau studi bnding dalam rangka pemeliharaan dan peningkatan kebersihan dan kelestarian laingkungan sekolah
  1. Melaksanakan tata tertib kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah.
  2. Mengembangkan kecintaan dan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah melalui berbagai loba peduli lingkungan, seperti lomba kebersihan antar kelas, menulis, menggambar, atau aneka kreativitas lain yang bersifat ramah lingkungan.
  3. Mengadakan pengawasan dan penegakan kedisiplinan.
  4. Mengadakan gerakan cinta kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah
  5. memanfaatkan hari-hari besar nasional untuk gerak peduli lingkungan
 http://www.artikellingkunganhidup.com/cara-menjaga-lingkungan-sekolah-yang-sehat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar